Monday, June 4, 2007

Mangan ora mangan, sing penting ngumpul

Judul posting diatas merupakan peribahasa Jawa yang artinya makan gak makan yang penting ngumpul. Artinya? Ya orang jawa secara umum sifat kekeluargaan masih kuat dan saya pikir ini sangat relefan dengan suku lain seperti Sunda, Batak, Betawi, Menado atau Papua sekalipun.
Perkumpul dalam suatu komunitas terkecil adalah keluarga. Lebih besar lagi RT, RW, sekolah, OSIS atau senat. Itu di dunia nyata dan bagaimana di dunia maya? Sama saja hanya beda bentuk dan jangkauan. Lewat forum sebenarnya filosofi judul di atas sangat mengena sekali karena terjadi interaksi yang sangat intens, saling ledek, saling hibur atau saling cerca! Why not? It's real life although in websphere! Itu hanya masalah bentuk.

Forum internet itu unggul dalam jangkauan, fasilitas, kebebasan mengambil keputusan, penguasaan jati diri sepenuhnya yang dalam dunia nyata harus perlu effort lebih besar. Semua ide dapat dikemukakan segera tanpa sensor atau larangan, meski nanti ada Lurah atau Camat yang teriakkkkk...woooiii gua timpuk lu! Tapi kebebasan itu mutlak sifatnya di internet.

Kalo diskusi buku tidak harus menunggu jadwal dari penerbit atau pengarang atau lembaga sosial laennya. Cukup pencet on, nyalakan modem, sediakan pulsa dan didampingin Cappucino atau vanilla latte! Huhhhh mak nyusss. Diskusi di forum dapat lancar dan seru. Itulah pentingnya suatu forum di internet, tidak peduli segede Gaban kayak Kaskus atau bayi yang mencoba merangkak si Kotakbuku.

2 comments:

Anonymous said...

Bener Be. Kalo udah ngumpul tuh ngga inget mangan, tapi ingetnya ngebul. Hehehe ... maju terus!

Ryu Tri said...

kalo gw sih inget makan mulu! //lirik iwok

hidup kotak buku! moga makin eksis...
bravo kotak buku!!