Monday, June 4, 2007

Duduk sana Duduk sini

"...Kamu sebaiknya duduk di sebelah sana! Lha kalo kamu duduk di sebelah sini!" Nah kalo inget kata guru kita di jaman TK atau SD pasti kebayang deh suasana kalo mau pelajaran dimulai. Anak yang ribut biasanya ditaruh duduk di depan, sedangkan anak yang pendiam boleh di belakang. Kalo sebaliknya hanya akan menambah hebohnya kelas...ngaku tuh kalo dulunya biang ribut!


Bagaimana kalo di forum kaya Kotakbuku yang udah rame banget? Mengatur board di forum itu ada seninya sendiri karena harus mampu menyeimbangkan suasana. Ada kalanya board yagn sepi harus dijejerin ama board yang rame ada ketarik rame. Idup deh suasananya! Beberapa board memang bersifat hook alias pemancing posting alias enak untuk diributin, dan itu harus ada emang!

Dengan tiap pagi ngecek statistik sebenarnya kita bakalan tahu kebutuhan dan posisi masing-masing board itu. Apakah sepi banget? Apakah kurang menarik? Gak kliatan? Kalo perlu dirubah susunannya. Eksperimental such as kid's toys is a must! Angka statiskti yang akan menjadi barometer kekonyolan kita jalan apa nyangkut blong!

No comments: