Tuesday, June 5, 2007

Permisi Mbak...

"Permisi Mbak mau beli rotiii..." Secepat kilat berbalik sapaan ramah, "...ooo silakan ayo pilih sendiri semuanya enak!" Seorang pemilik toko menyapa pembelinya dengan ramah tamha dan rapi jali! What a wonderful world! Sapa sih pembeli itu? Konsumen? Yup right!

Apakah konsumen alias pelanggan itu hanya yang terkait dengan pembeli barang atau jasa saja? Apakah hanya yang terkait dengan transaksi sewa menyewa? Huh tidak sesempit sebenarnya! In my opinion pelanggan itu ada 2 macam, pelanggan luar adan pelanggan dalam! Wooow...yuoi pelangga luar itu ya pembeli produk atau jasa kita. Pelanggan dalam? Ya pegawai atau pembantu atau tukang kebun atau suami atau istri atau anak-anak kita! Mereka juga pelanggan yang sama pentingnya dengan yang dari luar.

Dalam bermasyarakat di forum ini juga berlaku, sebagai Camat pelanggannya jelas warga plus Lurah plus pemilik hosting plus penunggu wartelll wakakkaa... Sebagai Lurah jelas pelanggannya warga sekitar, Camat juga, pacar, pleki atau penunggu perpus. So, siapapun di sekeliling kita semuanya adalah pelanggan kita...pelanggan jasa kita...pelanggan karya hidup kita!

No comments: